Monday, October 8, 2012

Obyek Wisata Bukittinggi



Bukittinggi adalah kota tujuan wisata utama di Provinsi Sumatera Barat. Terletak di ketinggian 930 meter di atas permukaan laut, Bukittinggi berjarak 90 kilometer dari kota Padang dan untuk mencapainya bisa menggunakan bis, travel atau kendaraan roda empat selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Obyek wisata Bukittinggi sangat banyak, mengingat kondisi alam Bukittinggi yang indah serta besarnya peranan kota Bukittinggi dalam sejarah bangsa Indonesia.


Obyek wisata yang menjadi landmark sekaligus ikon Kota Bukittinggi adalah Jam Gadang yang terletak di Taman Sabai nan Aluih. Menara Jam Gadang pertama kali dibangun oleh Controlleur Rook Maker pada tahun 1926, ketika ia mendapat hadiah jam berukuran besar dari Ratu Belanda dan membutuhkan bangunan untuk meletakkan jam berdiameter 80 cm tersebut. Bangunan yang ada sekarang merupakan rancangan Jazid dan Sutan Gigih Amen.

Obyek wisata Bukittinggi lainnya yang juga menjadi ikon kota ini adalah Ngarai Sianok. Lembah curam yang terletak di jantung Kota Bukittinggi ini memiliki kedalaman 100 meter, lebar 200 meter, dan membentang sejauh 15 kilometer dari Koto Gadang hingga Palupuh, Kabupaten Agam. “Sianok” berarti diam, dan nama ini diberikan karena di dasar ngarai banyak ditemukan jenasah korban penyiksaan tentara Jepang yang hanya “terdiam” ketika dilempar dari atas ngarai. Wisatawan bisa menikmati pemandangan Ngarai Sianok dari menara pandang di Taman Panorama.

Di Taman Panorama juga terdapat Lubang Jepang, yang merupakan jaringan terowongan buatan yang dibangun tentara Jepang pada tahun 1942 sebagai markas mereka di Bukittinggi. Tahun 1945, terowongan ini ditinggalkan saat tentara  Jepang menyerah pada Sekutu. Terowongan ini baru ditemukan oleh penduduk pada tahun 1946. Untuk memasuki terowongan yang berada pada kedalaman 50 meter di bawah kota Bukittinggi ini, telah tersedia tangga turun dan lampu, serta tersedia pemandu bersertifikat yang akan memandu wisatawan menjelajah gua sepanjang ini. Dengan panjang 1470 meter, Lubang Jepang di Bukittinggi merupakan gua Jepang terpanjang di Indonesia.

Untuk menulis artikel-artikel cantik seperti ini, buku Travel Writing 101 akan membantu Anda menjelajah dunia travel writing dan travel photography. Segera dapatkan buku ini di toko buku terdekat, atau dengan menghubungi kami di 081410822982 (WhatsApp/SMS only) atau e-mail : arini_che@yahoo.com.

No comments: